Langsung ke konten utama

Aplikasi Info BMKG, Mulai Dari Fitur Perkiraan Cuaca Hingga Notifikasi Bencana

Aplikasi Info BMKG, Mulai Dari Fitur Perkiraan Cuaca Hingga Notifikasi BencanaTeknologi.id – Seiring dengan maraknya bencana alam yang terjadi di Indonesia, aplikasi Info BMKG kini menjadi trending di Playstore. Aplikasi ini akan memberikanmu semua informasi tentang prakiraan cuaca, iklim, kualitas udara, dan gempa bumi yang terjadi di Indonesia. Kamu bisa mendapatkan informasi secara real-time melalui aplikasi ini.

Aplikasi ini dirilis secara resmi oleh Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG). Berikut fitur-fitur yang tersedia di aplikasi Info BMKG:

Fitur-fitur di Aplikasi Info BMKG

1. Prakiraan Cuaca

Menyajikan informasi tentang prakiraan cuaca harian di seluruh kabupaten atau kota di Indonesia. Serta, dilengkapi dengan cuaca di sekitar lokasimu.

2. Gempa Bumi

Menyajikan informasi seputar gempa bumi terkini minimal ≥ 5.0 dan gempa bumi yang dirasakan, disertai jarak lokasi gempa dengan lokasi kamu berada.

  • Gempabumi M ≥ 5.0 diinformasikan dalam waktu kurang lebih 5 menit.
  • Saat gempa bumi dirasakan, informasinya akan lebih lama karena membutuhkan data dalam skala MMI dari laporan masyarakat.

3. Peta Iklim

Menyajikan beberapa informasi peta iklim di wilayah Indonesia, di antaranya:

  • Peta Hari Tanpa Hujan
  • Peta Prakiraan Hujan Bulanan
  • Peta Analisis Hujan Bulanan

4. Kualitas Udara

Menyajikan informasi tentang kualitas udara Partikulat Matter (PM10) di beberapa kota terutama di Sumatera dan Kalimantan.

Baca juga: 5 Aplikasi Kesehatan Terbaik di Android Agar Selalu Bugar

5. Cuaca Maritim

Memberikan informasi cuaca maritim (ketinggian gelombang laut) di wilayah Perairan Indonesia.

6. Cuaca Bandara

Menyajikan informasi cuaca aktual dan 4 jam ke depan bandara di Indonesia.

7. Titik Panas (Geo-Hotspot)

Menyajikan informasi titik panas (hotspot) untuk potensi kebakaran hutan dan lahan.

8. Cuaca Jalur Mudik

Memberikan informasi cuaca kota-kota yang dilewati jalur mudik disertai trafik lalu lintas jalan raya (hanya ditampilkan ketika momen mudik)

9. Cuaca Event

Menyajikan informasi cuaca untuk Event tertentu.

Baca juga: Curi Data Diam-Diam, Aplikasi Ini Populer Bagi Pengguna Android!

10. Peringatan Dini Cuaca

Menyajikan informasi peringatan dini cuaca di beberapa provinsi Indonesia.

11. Siaran Pers BMKG

Menyajikan informasi siaran pers resmi yang dikeluarkan oleh BMKG.

12. Notifikasi

Memberikan notifikasi untuk gempa bumi, peringatan dini cuaca, dan siaran pers BMKG.

Aplikasi Info BMKG juga memiliki fitur baru, yaitu fitur share ke media sosial Anda. Untuk penggunaan aplikasi ini, direkomendasikan untuk menyalakan GPS. Kamu dapat segera mengunduh aplikasi Info BMKG di sini.

(HF)

The post Aplikasi Info BMKG, Mulai Dari Fitur Perkiraan Cuaca Hingga Notifikasi Bencana appeared first on Teknologi.id.


Aplikasi Info BMKG, Mulai Dari Fitur Perkiraan Cuaca Hingga Notifikasi BencanaDecember 27, 2018 at 04:16PM

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Membaca Indikator RSI, Setting Terbaik Dan Akurat

Untuk mencapai hasil maksimal, tentunya diperlukan strategi yang mampu membantu trader dalam hal jual beli. Dalam hal ini, sebuah tehnik diperlukan untuk membantu cara membaca indikator RSI (Relative Strength Index). Secara umum, pengertian RSI paling sering digunakan untuk menunjukkan kondisi Overbought dan Oversold. Contohnya untuk penerapan robot trading yang umumnya menggunakan indikator RSI. Penggunaan indikator … The post Cara Membaca Indikator RSI, Setting Terbaik Dan Akurat appeared first on CoinAset . September 30, 2018 at 10:48PM

Navigasi Augmented Reality Fitur Baru Google Maps

Teknologi.id –  Pada konferensi   developer -nya tahun kemarin, Google memamerkan satu fitur baru dari Maps  yaitu navigasi Augmented Reality. Sesuai dengan namanya, fitur ini menyajikan panduan navigasi secara langsung pada tampilan kamera. Seperti yang dapat dilihat pada gambar di atas kamu tentunya sudah mengerti konsep dari bagaimana cara kerja fitur ini. Kalau kamu masih ingat, fitur ini mirip dengan fitur yang diunggulkan oleh Google Glass dulu. Namun bedanya di aplikasi ini kita hanya perlu mengangkat ponsel saja. Namun kita harus mengangkatnya sebentar saja, mengapa hanya perlu sebentar? Hal ini bukan tanpa alasan, Google sendiri sudah memikirkan matang-matang dan menerapkan bagaimana cara agar pengguna tidak terus terpaku pada panduan navigasi Augmented Reality di ponselnya. Baca juga:  Snapseed: Aplikasi Edit Foto Yang Dikembangkan Oleh Google! Jadi saat pengguna sudah terlalu lama mengarahkan kamera ponselnya. Aplikasi akan meminta pengguna untuk menurunkan ponselnya.