Langsung ke konten utama

Telkomsel Sukses Uji Coba Video Call Pakai Jaringan 5G di Batam

telkomsel 5g
Foto: Selular.ID

Teknologi.id – Telkomsel sukses melakukan uji coba panggilan video (video call) di jaringan 5G dalam acara Telkomsel 5G for Industry yang digelar di Telkom Smart Office Batam, Kamis (28/11/2019).

Uji coba video call di jaringan 5G tersebut diklaim Telkomsel sebagai yang pertama di Indonesia. Percobaan video call dilakukan sebanyak dua kali.

Percobaan pertama antara Direktur Planning and Transformation Telkomsel Edward Ying dengan President Director Ericsson Indonesia, Jerry Soper, yang keduanya sama-sama di Batam, dalam rangka uji coba jaringan 5G.

Baca juga: Percepat Birokrasi, Jokowi Akan Ganti Eselon III dan IV dengan Artificial Intelligence

Video call kedua dilakukan antara Dirjen SDPPI, Ismail dengan Managing Director Network Optus, Dennis Wong yang berada di Sydney, Australia. Di Sydney, jaringan 5G memang sudah komersil di beberapa titik.

Panggilan video tersebut dilakukan dengan aplikasi Google Duo, dan di band frekuensi 3,5 GHz. Sementara itu, untuk ponsel yang dipakai dalam uji coba video call tersebut adalah Oppo Reno 5G.

Oppo Reno 5G merupakan perangkat dengan basis Reno 10x Zoom, yang dibekali dengan tambahan modem X50 untuk mendukung konektivitas 5G.

Dilansir dari laman KompasTekno, Jumat (29/11/2019), panggilan video di jaringan 5G itu terlihat lancar, baik dari segi video maupun audionya. Video yang ditampilkan beresolusi tinggi, bahkan tidak pecah atau terlihat kotak-kotak saat ditampilkan di layar besar di panggung acara.

Baca juga: File Penting Hilang atau Terhapus? Kembalikan dengan EaseUS Data Recovery Wizard

Uji coba video call itu merupakan bagian dari use case jaringan 5G yang dipamerkan Telkomsel.

Ada sejumlah contoh penggunaan jaringan 5G lain yang dipamerkan Telkomsel dalam acara Telkomsel 5G for Industry, seperti drone sebagai smart air patrol, smart surveillance, seamless gaming, dan solusi-solusi kolaboratif.

Semuanya menampilkan kecepatan internet mobile yang tinggi dalam mentransfer data, dengan latensi rendah.

(dwk)

The post Telkomsel Sukses Uji Coba Video Call Pakai Jaringan 5G di Batam appeared first on .


Telkomsel Sukses Uji Coba Video Call Pakai Jaringan 5G di BatamNovember 29, 2019 at 10:02AM

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Membaca Indikator RSI, Setting Terbaik Dan Akurat

Untuk mencapai hasil maksimal, tentunya diperlukan strategi yang mampu membantu trader dalam hal jual beli. Dalam hal ini, sebuah tehnik diperlukan untuk membantu cara membaca indikator RSI (Relative Strength Index). Secara umum, pengertian RSI paling sering digunakan untuk menunjukkan kondisi Overbought dan Oversold. Contohnya untuk penerapan robot trading yang umumnya menggunakan indikator RSI. Penggunaan indikator … The post Cara Membaca Indikator RSI, Setting Terbaik Dan Akurat appeared first on CoinAset . September 30, 2018 at 10:48PM

Navigasi Augmented Reality Fitur Baru Google Maps

Teknologi.id –  Pada konferensi   developer -nya tahun kemarin, Google memamerkan satu fitur baru dari Maps  yaitu navigasi Augmented Reality. Sesuai dengan namanya, fitur ini menyajikan panduan navigasi secara langsung pada tampilan kamera. Seperti yang dapat dilihat pada gambar di atas kamu tentunya sudah mengerti konsep dari bagaimana cara kerja fitur ini. Kalau kamu masih ingat, fitur ini mirip dengan fitur yang diunggulkan oleh Google Glass dulu. Namun bedanya di aplikasi ini kita hanya perlu mengangkat ponsel saja. Namun kita harus mengangkatnya sebentar saja, mengapa hanya perlu sebentar? Hal ini bukan tanpa alasan, Google sendiri sudah memikirkan matang-matang dan menerapkan bagaimana cara agar pengguna tidak terus terpaku pada panduan navigasi Augmented Reality di ponselnya. Baca juga:  Snapseed: Aplikasi Edit Foto Yang Dikembangkan Oleh Google! Jadi saat pengguna sudah terlalu lama mengarahkan kamera ponselnya. Aplikasi akan meminta pengguna untuk menurunkan ponselnya.