Langsung ke konten utama

Terungkap! Ini Dia Rahasia Otak Genius Bill Gates

bill gates
Foto: The Verge

Teknologi.id – Apa kira-kira yang ada di pikiran seorang Bill Gates, dan bagaimana cara kerja otak sosok yang pernah dinobatkan sebagai orang terkaya di dunia ini? Melalui penayangan serial ‘Inside Bill’s Brain’ di layanan streaming Netflix, rahasia otak genius Bill Gates terungkap.

Dalam tayangan itu, Melinda Gates mengandaikan kepala suaminya laksana ‘multiprosesor’. “Dia akan membaca sesuatu yang berbeda tetapi kemudian memproses hal lain pada saat yang sama. Sangat kacau,” kata Melinda serial tersebut.

Baca juga: Sony Bikin Jam Tangan Unik Berbentuk Konsol PlayStation

Sang istri mengungkap Gates hebat menangani sesuatu yang kompleks. “Dia membuat sebuah kerangka di pikirannya, lalu dia mulai menempatkan informasi di situ. Jika sesuatu tidak ‘terbaris’, dia akan sangat frustrasi,” ucap Melinda.

“Hal itu menakutkan. Tapi ketika Bill menjadi dirinya, dia bisa mengumpulkan ide yang tidak bisa dilihat orang lain,” imbuhnya.

Ambil resiko

Menanggapi serial itu, Gates juga mengungkap bahwa dirinya suka mengambil resiko besar setelah berpikir dan menganalisis secara mendalam. Gates mau menghabiskan uang dan waktu pada proyek yang belum ada garansi sukses.

“Apakah kami berinvestasi USD 100 ribu atau USD 100 juta, keputusan itu selalu dikalkulasi. Saya selalu menghabiskan banyak waktu untuk berpikir, menganalisis data dan berbicara pada pakar untuk menentukan apakah kami sungguh bisa membantu membuat perbedaan,” cetus Gates.

“Kami memecahkan masalah di mana kemajuannya diukur bukan hanya dalam waktu tahunan, tapi kadang dalam dekade. Tujuan akhirnya tidak berubah, tapi jalan menuju ke sana harus berubah,” tandasnya.

Gemar membaca

Gates memang sangat suka belajar, terutama melalui buku. Sejak kecil, dia sangat suka membaca buku apapun yang berlanjut sampai saat ini.

Gates bisa mengingat persis apa yang ia baca, dan ketika ditanya oleh Quartz apa rahasianya, ia cuma menjawab jika sering membaca akan ada beberapa persamaan yang bisa ditemukan. Dan kesamaan-kesamaan ini yang membuatnya mudah mengingat.

“Membaca adalah salah satu cara utama bagiku untuk belajar dan telah kulakukan sejak masa kanak-kanak. Belakangan ini, aku memang mengunjungi tempat tempat menarik, bertemu dengan para ilmuwan, dan menyaksikan banyak kuliah online. Tapi membaca masih tetap menjadi cara utama bagiku untuk mempelajari hal-hal baru dan menguji pemahamanku,” katanya suatu ketika.

Kerangka berpikir

Ia menyebut kepala seperti ruangan yang luas, jika memiliki ruang yang cukup maka informasi apapun bisa ditempatkan sesuai dengan kategorinya. Tapi perlu dibuat kerangka berpikir dulu. “Awalnya memang menakutkan, tapi begitu bisa menentukan ruang lingkupnya maka potongan-potongan tadi bisa cocok dan dikumpulkan,” kata Gates.

Gates juga tak sembarangan menelan informasi, saat mendapat informasi baru dia akan mencari tahu apakah itu bertentangan dengan hal yang pernah ia ketahui sebelumnya. Ia akan mencari tahu penuh soal itu lalu mengelompokkannya.

Gates sebenarnya melihat masalah dari sudut biasa, tapi dia selalu bisa berinovasi. Pemikirannya akan dalam kondisi terbaik jika ia punya setumpuk ide yang harus dielaborasi. Cuplikan seri dokumenter juga menampilkan bagaimana Bill Gates mencoba memecahkan masalah-masalah sulit, seperti penyakit dan kemiskinan.

(dwk)

The post Terungkap! Ini Dia Rahasia Otak Genius Bill Gates appeared first on .


Terungkap! Ini Dia Rahasia Otak Genius Bill GatesSeptember 30, 2019 at 07:45AM

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Membaca Indikator RSI, Setting Terbaik Dan Akurat

Untuk mencapai hasil maksimal, tentunya diperlukan strategi yang mampu membantu trader dalam hal jual beli. Dalam hal ini, sebuah tehnik diperlukan untuk membantu cara membaca indikator RSI (Relative Strength Index). Secara umum, pengertian RSI paling sering digunakan untuk menunjukkan kondisi Overbought dan Oversold. Contohnya untuk penerapan robot trading yang umumnya menggunakan indikator RSI. Penggunaan indikator … The post Cara Membaca Indikator RSI, Setting Terbaik Dan Akurat appeared first on CoinAset . September 30, 2018 at 10:48PM

Navigasi Augmented Reality Fitur Baru Google Maps

Teknologi.id –  Pada konferensi   developer -nya tahun kemarin, Google memamerkan satu fitur baru dari Maps  yaitu navigasi Augmented Reality. Sesuai dengan namanya, fitur ini menyajikan panduan navigasi secara langsung pada tampilan kamera. Seperti yang dapat dilihat pada gambar di atas kamu tentunya sudah mengerti konsep dari bagaimana cara kerja fitur ini. Kalau kamu masih ingat, fitur ini mirip dengan fitur yang diunggulkan oleh Google Glass dulu. Namun bedanya di aplikasi ini kita hanya perlu mengangkat ponsel saja. Namun kita harus mengangkatnya sebentar saja, mengapa hanya perlu sebentar? Hal ini bukan tanpa alasan, Google sendiri sudah memikirkan matang-matang dan menerapkan bagaimana cara agar pengguna tidak terus terpaku pada panduan navigasi Augmented Reality di ponselnya. Baca juga:  Snapseed: Aplikasi Edit Foto Yang Dikembangkan Oleh Google! Jadi saat pengguna sudah terlalu lama mengarahkan kamera ponselnya. Aplikasi akan meminta pengguna untuk menurunkan ponselnya.