Langsung ke konten utama

Antisipasi Titip Absen, Universitas di Cina Gunakan AI

Image result for AI university chinaTeknologi.id – Titip absen, seringkali dilakukan banyak mahasiswa yang tidak mau masuk ke kelas yang tidak disukainya. Tindakan ini selain merugikan dirinya sendiri, juga orang tua yang telah membiayai kuliah anak tersebut. Untuk mengatasi masalah tersebut, salah satu Universitas di Cina Gunakan AI.

Universitas Hanzhou Diangzi di China menggunakan aplikasi absensi berbasis Artificial Intelligence. Penggunaan aplikasi absensi tersebut, ditujukan untuk mendeteksi keberadaan mahasiswa di kampus.

Sistem ini mengharuskan mahasiswa untuk mengisi absensi di aplikasi menggunakan OTP (One Time Password). Password ini hanya dikirimkan kepada mahasiswa, jika dan hanya mahasiswa benar-benar berada di dalam kelas.

Baca juga: AI Kini Mampu Mendeteksi Depresi

Untuk mengecek keberadaan mahasiswa dalam kelas, kampus ini menggunakan CCTV dengan kemampuan Face Recognition. Sehingga jika mahasiswa tidak ada dalam kelas pada waktunya, mereka tidak akan mendapatkan OTP sama sekali.

Jika keberadaan mahasiswa tidak terdeteksi di ruang kelas maupun kampus. AI akan secara otomatis menelfon dan memberi peringatan berupa pesan suara. “Hai ini AI, asisten suara pintar dari konselor Universitas Hangzhou Dianzi. Kamu didapati tidak hadir di kelas hari ini.” Kemudian respon dari mahasiswa tersebut akan direkam dan diteruskan ke staf universitas.

AI ini terbukti sangat efektif dalam membuat mahasiswa lebih rajin masuk kelas. Dan setelah 2 minggu masa percobaan, kehadiran mahasiswa kampus meningkat 7% dari semester sebelumnyaa. Selain itu, dosen pun tdak perlu lagi memeriksa ulang absensi mahasiswa.

Sistem ini juga terbukti ampuh untu memangkas waktu absensi, yang semula 8 menit menjadi 15 detik saja. Dan terlebih, waktu absensi ini dapat diatur oleh dosen, hingga maksimal 36 detik.

Namun perlu diketahui, bahwa tujuan utama diberlakukannya sistem aplikasi dengan AI ini, bukan untuk menangkap mahasiswa yang tdak masuk kelas. Namun sistem ini bertujuan untuk mencari alasan kenapa mahasiswa tersebut tidak masuk kelas pada hari itu.

(FM)

The post Antisipasi Titip Absen, Universitas di Cina Gunakan AI appeared first on Teknologi.id.


Antisipasi Titip Absen, Universitas di Cina Gunakan AIApril 25, 2019 at 02:02PM

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Membaca Indikator RSI, Setting Terbaik Dan Akurat

Untuk mencapai hasil maksimal, tentunya diperlukan strategi yang mampu membantu trader dalam hal jual beli. Dalam hal ini, sebuah tehnik diperlukan untuk membantu cara membaca indikator RSI (Relative Strength Index). Secara umum, pengertian RSI paling sering digunakan untuk menunjukkan kondisi Overbought dan Oversold. Contohnya untuk penerapan robot trading yang umumnya menggunakan indikator RSI. Penggunaan indikator … The post Cara Membaca Indikator RSI, Setting Terbaik Dan Akurat appeared first on CoinAset . September 30, 2018 at 10:48PM

Navigasi Augmented Reality Fitur Baru Google Maps

Teknologi.id –  Pada konferensi   developer -nya tahun kemarin, Google memamerkan satu fitur baru dari Maps  yaitu navigasi Augmented Reality. Sesuai dengan namanya, fitur ini menyajikan panduan navigasi secara langsung pada tampilan kamera. Seperti yang dapat dilihat pada gambar di atas kamu tentunya sudah mengerti konsep dari bagaimana cara kerja fitur ini. Kalau kamu masih ingat, fitur ini mirip dengan fitur yang diunggulkan oleh Google Glass dulu. Namun bedanya di aplikasi ini kita hanya perlu mengangkat ponsel saja. Namun kita harus mengangkatnya sebentar saja, mengapa hanya perlu sebentar? Hal ini bukan tanpa alasan, Google sendiri sudah memikirkan matang-matang dan menerapkan bagaimana cara agar pengguna tidak terus terpaku pada panduan navigasi Augmented Reality di ponselnya. Baca juga:  Snapseed: Aplikasi Edit Foto Yang Dikembangkan Oleh Google! Jadi saat pengguna sudah terlalu lama mengarahkan kamera ponselnya. Aplikasi akan meminta pengguna untuk menurunkan ponselnya.