Langsung ke konten utama

Perangkat untuk Sistem Proteksi Listrik Rumah Anda dari Kebakaran

Pernahkah Tech Expert melihat kebakaran secara langsung? Atau mungkin mengalami kebakaran itu sendiri? Tahukah tech expert, ternyata ada suatu kebutuhan utama orang saat ini menjadi penyebab kebakaran tertinggi di dunia? Tahukah kalian apa itu?

Listrik, ya listrik merupakan penyebab kebakaran yang nomor satu saat ini. Kebayang kan ternyata sesuatu hal yang sangat kita butuhkan untuk melakukan kegiatan menjadi salah satu penyebab kebakaran tertinggi, sesuatu yang sangat dekat sekali dengan kita dapat menjadi ancaman bagi diri kita sendiri dan keluarga kita. Hampir seluruh aktivitas kita sangat dekat dengan aliran listrik.

Bagaimana kita dapat menjaga aliran listrik di rumah bisa tetap aman? Caranya adalah dengan memasang MCB yang terbaik untuk sistem proteksi nya. Apakah itu MCB? MCB (Miniature Circuit Breaker) atau Miniatur Pemutus Sirkuit adalah sebuah perangkat elektro mekanikal yang berfungsi sebagai pelindung rangkaian listrik dari arus yang berlebihan.  Dengan kata lain, MCB dapat memutuskan arus listrik secara otomatis ketika arus listrik yang melewati MCB tersebut melebihi nilai yang ditentukan. Namun saat arus dalam kondisi normal, MCB dapat berfungsi sebagai saklar yang bisa menghubungkan atau memutuskan arus listrik secara manual.

MCB seperti apa yang harus digunakan oleh Tech Expert untuk menjaga aliran listrik di rumah nya? Tentu MCB harus sudah SNI dan yang terbaik di kelasnya. Salah satu nya adalah MCB DOMAE dari Schneider Electric.

MCB Domae dari Schneider Electric yang sebelumnya dikenal Merlin Gerin, adalah salah satu produk yang sudah terbukti kehandalannya sebagai produk wajib keamanan jaringan instalasi listrik baik untuk dirumah, apartemen, ruko, perkantoran dan bangunan lainnya untuk perlindungan dari arus lebih (overload) dan perlindungan terhadap hubungan singkat (short circuit).

MCB Domae yang resmi dikeluarkan Schneider Electric sudah berstandar SNI dengan Rated Breaking Capacity (rating pemutusan) kecil atau sama dengan 4500A. Standar ini yang digunakan sebagai standar aman untuk suatu bangunan di Indonesia.

Selain MCB DOMAE, Schneider Electric juga mengeluarkan ELCB (Earth Leakage Circuit Breaker) atau lebih dikenal dengan istilah RCCB (Residual Current Circuit Breaker) seri DOMAE. Sering sekali kita kesetrum oleh aliran listrik yang ada di rumah, dan tentu ini sangat berbahaya apabila ada arus bocor yang berlebihan.

ELCB atau lebih dikenal dengan istilah RCCB (Residual Current Circuit Breaker) memiliki fungsi melindungi manusia dari sengatan listrik dan bahaya kebakaran akibat adanya gangguan pada instalasi listrik yang tidak baik.

Apabila terjadi konsleting yang menyebabkan seseorang tersetrum maka secara otomatis arus listrik akan diputuskan oleh ELCB.  Kejadian tersebut terjadi karena adanya bahaya arus listrik bocor dengan memiliki daya arus lebih dari 1Ampere.

Mengalami kesetrum sudah sering terjadi kepada siapa saja, namun tingkat bahayanya masih sebatas terkejut seperti kesemutan dan masih aman, namun kita harus tetap melindungi keluarga dari bahaya arus bocor. ELCB dipasang pada peralatan eletronik yang berhubungan dengan air seperti lemari es, mesin cuci, pompa air yang memiliki resiko besar terjadinya kesetrum.

Schneider Electric

The post Perangkat untuk Sistem Proteksi Listrik Rumah Anda dari Kebakaran appeared first on Teknologi.id.


Perangkat untuk Sistem Proteksi Listrik Rumah Anda dari KebakaranMarch 20, 2019 at 03:47PM

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Membaca Indikator RSI, Setting Terbaik Dan Akurat

Untuk mencapai hasil maksimal, tentunya diperlukan strategi yang mampu membantu trader dalam hal jual beli. Dalam hal ini, sebuah tehnik diperlukan untuk membantu cara membaca indikator RSI (Relative Strength Index). Secara umum, pengertian RSI paling sering digunakan untuk menunjukkan kondisi Overbought dan Oversold. Contohnya untuk penerapan robot trading yang umumnya menggunakan indikator RSI. Penggunaan indikator … The post Cara Membaca Indikator RSI, Setting Terbaik Dan Akurat appeared first on CoinAset . September 30, 2018 at 10:48PM

Navigasi Augmented Reality Fitur Baru Google Maps

Teknologi.id –  Pada konferensi   developer -nya tahun kemarin, Google memamerkan satu fitur baru dari Maps  yaitu navigasi Augmented Reality. Sesuai dengan namanya, fitur ini menyajikan panduan navigasi secara langsung pada tampilan kamera. Seperti yang dapat dilihat pada gambar di atas kamu tentunya sudah mengerti konsep dari bagaimana cara kerja fitur ini. Kalau kamu masih ingat, fitur ini mirip dengan fitur yang diunggulkan oleh Google Glass dulu. Namun bedanya di aplikasi ini kita hanya perlu mengangkat ponsel saja. Namun kita harus mengangkatnya sebentar saja, mengapa hanya perlu sebentar? Hal ini bukan tanpa alasan, Google sendiri sudah memikirkan matang-matang dan menerapkan bagaimana cara agar pengguna tidak terus terpaku pada panduan navigasi Augmented Reality di ponselnya. Baca juga:  Snapseed: Aplikasi Edit Foto Yang Dikembangkan Oleh Google! Jadi saat pengguna sudah terlalu lama mengarahkan kamera ponselnya. Aplikasi akan meminta pengguna untuk menurunkan ponselnya.